Beberapa Bukti Bumi Itu Berotasi

Hari Sabtu kemaren,saya dikasih tugas oleh guru ipa saya.yaitu cari informasi tentang bukti bumi itu berotasi.Nah kebetulan saya browsing kemana-mana dan akhirnya saya mendapatkan rangkuman dari beberapa web dan blog yang saya kunjungi.kalo ilmu kalo ga' dibagi-bagi kan ga' asyik gan..


Makanya ,Kita tambah pengetahuan kita tentang "Rotasi Bumi"..dahulunya ada beberapa pendapat tentang bumi.Ada yang bilang bumi


diam,datar,bahkan gunung sebagai tiangnya dan langit sebagai atapnya.Namun para ilmuan dan peneliti telah mengemukakan pendapat tentang bumi itu berotasi .begini ne penjelasanya.


Beberapa Bukti Bumi Itu Berotasi:



1.Percobaan Pendulum Faucault


Bandul atau pendulum Foucault ialah suatu alat yang berguna untuk menunjukkan arah Rotasi Bumi. Alat ini ditemukan oleh Jean Bernard Léon Foucault.
Alat eksperimen ini terdiri atas bandul panjang yang berbas bergerak kesana kemari pada latar vertikal. Baik di Kutub Utara maupun Selatan, latar osilasi bandul tetap terpasang dengan memandang pada bintang tetap ketika Bumi berotasi di bawahnya, memerlukan waktu sehari untuk menyelesaikan rotasi. Ketika bandul Foucault digantungkan di khatulistiwa, latar osilasi tetap terfiksasi secara relatif ke Bumi. Pada garis lintang lain, latar osilasi mempresesi Bumi secara relatif, namun lebih lambat daripada di kutub.
Pertunjukan pertama bandul Foucault kepada khayalak terjadi pada bulan Februari 1851 di Ruang Meridian yang ada di Observatorium Paris. Beberapa minggu kemudian, Léon Foucault membuat bandul terkenalnya ketika ia menggantung potongan rambut seberat 28 kg dengan kabel sepanjang 67 meter dari kubah Panthéon di Paris.







2.Adanya Efek Koriolis


arah angin pasat yang berbeda antara daerah di utara khatulistiwa dan di selatan. Perbedaan ini dapat dijelaskan sebagai efek coriolis. Efek coriolis ini disebabkan karena kita, sebagai pengamat, berdiri di atas kerangka pengamatan yang berotasi (bumi).

Kita dapat membayangkan, angin bergerak dari daerah subtropis ke tropis…. Anginnya bergerak lurus-lurus saja sebenarnya…, tapi karena – ternyata – bumi, sebagai kerangka pengamatan kita bergeser, maka seolah-olah anginnya menjadi berbelok.

Perbedaan arah angin ini menyebabkan juga perbedaan dalam arus laut. Semua ahli kelautan pasti memahami hal ini.







3.Aberasi Cahaya 
  Aberasi cahaya. Bisa dibayangkan sebagai berikut : cahaya suatu bintang masuk ke bumi dengan sudut tertentu. Namun karena mata kita sebagai pengamat bergeser, maka bintang akan terlihat seolah-olah bergeser dari tempatnya semula.






4.Efek Eotvos 
 
efek Eötvös. Intinya adalah bahwa ketika kita naik kapal, maka gaya dan kecepatan kita akan berbeda antara berlayar searah dengan arah rotasi (ke arah timur) dengan berlayar dengan arah kebalikan arah rotasi (ke arah barat). Setiap perusahaan pelayaran dan nakhoda kapal antar benua pasti tahu akan hal ini dan memperhatikan efek ini dalam pelayarannya.














 5.Logika Satelit Dengan Orbit Geo Stationer



logika satelit dengan orbit geostasioner. Satelit dengan orbit geostasioner adalah satelit yang posisinya terhadap bumi tetap di atas koordinat tertentu. Contohnya satelit telekomunikasinya Indonesia (entah itu palapa atau telkom).
Seandainya bumi diam tidak berotasi, berarti satelit geostasioner juga diam. Kalo satelitnya diam, berarti dia harus menyalakan terus menerus mesinnya agar tidak jatuh ke bumi karena gravitasi bumi.
Kenyataannya satelit geostasioner tidak diam, tapi dia bergerak memutari bumi dengan kecepatan yang sama dengan rotasi bumi. Dengan demikian satelit tidak perlu terus menerus menyalakan mesinnya.
Mungkin ada yang bertanya : lho, bukannya satelit geostasioner itu bergerak, kalo bergerak berarti butuh tenaga buat menggerakkannya terus menerus (atau butuh roket biar bisa berputar terus menerus)






Demikianlah Penjelasan Tentang Beberapa Bukti Bumi Berotasi Pada Porosnya.Dan jadikan beberapa bukti ini sebagai penguat iman dan ilmu kita bahwa allah yang menciptakan bumi ini pada porosnya .dan allah juga yang akan menghentikan semua ini.





24 comments :

  1. nice info sob..
    blog nya juga keren tampilannya..
    keep posting dan happy blogging ya sobat.. :D
    Salam kenal dari Ruki-Zone.

    oya, sedikit saran nih sob kalau berkenan. sebaiknya chapta nya di non aktifkan sob, supaya pengunjung lebih mudah lagi untuk memberikan komen, law untuk mengantisipasi SPAM sbisa disiasati dengan menjadi kan setiap komentar yg masuk tidak langsung di posting secara otomatis, jadi sobat bisa memoderasi setiap komentar yang masuk dan pengunjung pun tidak merasa di buat ribet oleh kode chapta, karena ada sebagian pengunjung yg mikir2 pas tahu law blog yg dikunjungi mengaktifkan chapta..
    sekedar saran ja sih sob, keputusan tetap ada ma sobat sendiri.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks ya sob..
      iya..ok..langsung di nonaktifkan ni.chaptanya.
      salam kenal :)

      Delete
  2. Keren!!!!
    Bagus banget info n blognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya gan,.
      Mohon dkunganny truz,agar bisa posting d blog ini,.yg lbih brmanfaat ^_^

      Delete
  3. Keren!!!!
    +Keren!!!!=Keren!!!!

    ReplyDelete
  4. makasi inpoh nya gan

    ReplyDelete
  5. thxx a lot.
    infonya sgt membantu.

    ReplyDelete
  6. kalau bumi betul betul berputar knpa harus terbang kesana kemari kalau mau kesuatu tempat.. contoh: dari jakarta mau ke papua. kalau buminya berputar cukup kita diam saja diatas papuanya akan datang. apabila rotasinya mengarah ke barat, sebaliknya kalau rotasinya ke timur kta tidak akan sampai ke papua, ini logika yg real.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Muh.Rizaldi: Kalo kita diam, kita tdk akan pernah sampai di tempat tujuan. Trus diam yg dimaksud spt apa? Mengambang tetap (statis) di udara? Pakai apa, helikopter? Kira2 seharian diam statis di Jakarta pakai helikopter Rizaldi akan sampai di Papua dengan sendirinya? Tentu saja tidak, karena kita masih dalam pengaruh gravitasi dan rotasi bumi. Maka kita harus membuat gaya kearah timur supaya kita bisa sampai ke Papua.

      Delete
  7. tahukan anda berapa kecepatan satelit agar bisa menyesuaikan posisinya..? klo di permukaan bumi bisa berotasi dgn kecepatan sekitar 1600 km/jam maka satelit yg terendah rata2 berjarak 2000km dr permukaan kecepatannya menjadi sekitar 14000 km/jam agar tetap berada di posisi yg sama dgn kecepatan rotasi bumi tsb.

    apakah manusia skrg sudah bisa menciptakan kendaraan dgn kecepatan 14000 km/jam tanpa kesalahan.. ini yg terendah.. padahal satelit kita jg ada yg berada 35000 di atas permukaan bumi dan tentu kecepatannya berotasi akan sgt fantastis lagi..

    pembuktian2 bumi berotasi telah byk dipatahkan oleh para ahli yg mereka berkesimpulan bahwa bumi ini diam.. shg klo bumi ini diam maka mataharilah yg bergerak mengelilingi bumi.

    kita sebagai org awam aja.. bagaimana bisa meyakini bumi ini bergerak dgn kecepatan 1600 km/jam dan debu2 jg bergerak dgn kecepatan tsb pdhl di goyang/tiup sedikit aja debu itu dah berpindah.. ini stabil dlm kecepatan 1600 km/jam.. WOW.. pembalap motogp dgn kecepatan hanya 250 km/jam lengah sekejap aja sudah terpental.. sdgkn ini kecepatannya 1600 km/jam dan apalagi satelit ktnya mengikuti rotasi bumi yg bisa kecepatannya puluhan ribu km/jam tp blm pernah terdengar ada satupun satelit yg pernah jatuh atau tabrakan.. tipuan NASA atau kita memang bodoh shg percaya begitu saja.. wallahu a'lam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bro Yg soal debu itu ada penjelasannya. Krn kecepatan bumi itu konstan (tetap tidak berubah2). Ibaratnya smua benda didalam mobil yg melaju tetap 100km/jam. Jadi semua teori itu mereka merumuskannya tidak lupa untuk membuat jawaban untuk bantahan2annya. Seperti membuat virus, mereka juga yg membuat antivirusnya. U know lah bro.

      Delete
  8. Tambahan dikit... penulis menfatakan "logika satelit dengan orbit geostasioner"...? . Kemudian pendapat sdr. Thano bahwa kecepatan orbit satelit untuk menyesuaikan kec rotasi bumi adalah 14000 km/jam.? , maka bentuk dan model satelit haruslah dirancang untuk kec tsb. Namun kenyataan yg ada smua satelit tersbut tidak ada yg dirancang demikian...!!!!????, seharuusnya rancangan model seperti peluru or roketlah yang bisa malaju secepat itu. Blum lagi efek gesekan yg terjadi (jika katanya masih dalam pengaruh gravitasi bumi) tentu saja satelit itu harus dibuat khusus untuk kecepatan 14000 km/jam. TRIMASIH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namun diluar angkasa kan ruang hampa udara bro, jadi tdk terjadi gesekan disana. Sedangkan merancang pesawat luar angkasa sedemikian rupa agar bisa terbang melewati atmosfir bumi dan bisa bermanufer dgn mudah dlm kecepatan yg tinggi.

      Delete
  9. Penulis juga mengatakan bahwa "Kenyataannya satelit geostasioner tidak diam, tapi dia bergerak memutari bumi dengan kecepatan yang sama dengan rotasi bumi. Dengan demikian satelit tidak perlu terus menerus menyalakan mesinnya"....???. Kalo kec sama maka ketinggalan dong satelitnya, karena lintasan satelit tersebut lebih panjang..bro.

    ReplyDelete
  10. Rotasi bumi salah yang ada pergerakan matahari,kalo bumi berputar,berapa sih kecepatan bumi berputar? Terus buktiin dengan melompat keudara.klo bumi berputar atau bergerak kamu pasti tidak mendarat di tempat yang sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bro Krn kecepatan bumi itu konstan (tetap tidak berubah2). Ibaratnya smua benda didalam mobil yg melaju tetap 100km/jam. Jadi semua teori itu mereka merumuskannya tidak lupa untuk membuat jawaban untuk bantahan2annya. Seperti membuat virus, mereka juga yg membuat antivirusnya. U know lah bro.

      Delete
    2. Kalo kecepatan bumi berputar gampang bro. Disini saya hanya menjelaskan kecepatan sudutnya, kalo kecepatan linear itu beda2 di tiap titik, tergantung posisinya terhadap pusat rotasi. Kecepatan sudut = 2phi dibagi sama periode rotasi. Angka 2phi ini dapetnya dari solusi dari persamaan differensial "percepatan sudut sama dengan turunan pertama dari kecepatan sudut terhadap selang waktu". Kamu bisa coba selesaikan persamaannya, coba cari aja di buku2 kuliahan kalau anda kurang paham sama fisika dan kalkulus. Kalo periode rotasi = waktu yang dibutuhkan agar sebuah benda dapat berotasi satu putaran penuh terhadap sumbu rotasinya. Periode rotasi bumi kan 1 hari bro (1hari = 86400 detik). Jadi, kecepatan sudut bumi itu sama dengan 2phi dibagi 86400 detik atau sekitar 7,27 × 10^(-5) radian per detik. Indonesia ada di katulistiwa, katulistiwa berada pada jarak yang sama dengan jari2 rata2 bumi terhadap sumbu rotasinya. Jadi, kecepatan linier kita di indonesia relatif terhadap sumbu rotasi bumi sama dengan kecepatan sudut rotasi bumi dikali jari2 rata2 bumi = 7,27 × 10^(-5) rad/s x 6371x10^3 meter atau sekitar 463,17 m/s. Itu jawaban dari pertanyaan kamu yg pertama. Kalau masi bingung atau ngga percaya, coba dalami lagi ilmu fisikanya, saya yakin kamu akan menemukan jawaban dari pertanyaan km dengan sendirinya. Buat pertanyaan kedua jawaban saya ngga jauh beda sama mas BabaYoga. Misalkan kamu naik bus yang sedang melaju kencang, atau coba di kereta aja biar gampang, coba kamu meloncat atau coba jatuhkan sesuatu, apakah anda jatuhnya di belakang gerbong atau berpindah sedikit ke depan/belakang ataukah anda jatuh di tempat anda semula meloncat? Begitu juga dengan rotasi bumi, kalau anda meloncat, pasti akan jatuh di tempat semula. Sekali lagi, kalau kamu masih tidak percaya, coba dalami lagi ilmu fisikanya. Terima kasih.

      Delete
  11. Nah kamu baru sadar kan kalau bumi ini tdk berlutar.. bumi ini diam.
    Dan mataharilah yg berputar..

    ReplyDelete
  12. Bagi para flat eaters, coba ajukan teori kalian itu dengan bukti angka (hukum fisika dan matematika), bukan hanya video-video yang di-cut, yang audiencenya gatau bahwa video itu sedang membahas tentang apa. Kalau bukti2 kalian yang menyatakan bahwa bumi itu datar dinyatakan dalam bentuk angka(hukum fisika dan matematika) yang dapat menunjang teori tersebut, setar dampak dan pemgaruhnya terhadap iklim, kehidupan manusia, ekosistem, dll, pasti dunia akan percaya sama teori kalian dan pasti akan dijadikan hukum fisika. Saya tau kalo ngembangin teori2 tersebut beserta dampak dan kaitannya dengan fenomena2 lain butuh waktu yang tidak sebentar, oleh sebab itu, alangkah baiknya kalian mengembangkan teori tersebut agar bisa dipercaya dunia daripada mengkritik ilmu pengetahuan yang ada sekarang, yang sebenarnya kritikan2 kalian tersebut sangat mudah dibantah oleh ahli2 sekarang (ngebantahnya ya gamungkin di internet). Jika kalian mau mengkritiki ilmu pengetahuan sekarang, mending jangan lewat internet deh. Sebaiknya, adakan diskusi dengan para ahli, ajukan semua pertanyaan2 kalian, agar ada klarifikasi dari kedua belah pihak, bukan hanya sebelah pihak dengan mengkritik via internet. Lagipula, semua pertanyaan2 kalian itu tidak mungkin sekaligus dijawab di kolom komentar seperti ini, cape bray ngetiknya wkwkwk
    Sekian dari saya, semangat para Flat Earthers untuk mengembangkan teorinya untuk membuat dunia percaya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengasumsikan kok di dalem mobil
      Emangnye bumi ada bodi atau bempernya...
      Knp gx di atas motor tong

      Bukti bumi berputar hny teori dan asumsi

      Faktanya tidak ada yg bisa membuktikan

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete