Response



Didalam kehidupan kita sehari-hari, baik itu dikampus disekolah, dikantor, dirumah dan ditengah-masyarakat sejatinya kita selalu berkomunikasi. Ada yang berbicara kemudian ada yang mendengarkannya, ada yang menulis kemudian ada yang membacanya, dan ada yang menyampaikan kemudian ada yang menanggapinya. Memang begitulah seharusnya, karena kita adalah makhluk sosial yang selalu akan terus berinteraksi dengan orang lain. Dengan begitu akan banyak sekali dinamika sosial yang kita alami dan temukan. 
Dan kali ini kita akan fokus kepada salah satu dinamika sosial tersebut yaitu "Response" yang apabila diterjemaahkan kedalam bahasa Indonesia berarti "Tanggapan". Kemudian ketika diartikan berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) tanggapan merupakan sambutan terhadap ucapan baik itu dalam bentuk kritik, komentar, dan sebagaiannya. Kalau kita melihat lebih dalam ketika tanggapan itu terjadi, maka ada orang yang menyampaikan kemudiaan ada orang menanggapi penyampaian tersebut dan ini adalah salah satu bentuk komunikasi dan bukti bahwasanya kita adalah makhluk sosial. Bisa jadi antara seseorang dengan seseorang lainnya, seseorang dengan orang banyak atau sebaliknya.

Dari diskusi saya beberapa hari yang lalu dengan salah satu guru, motivator, serta inspirator dan beberapa teman-teman seperjuangan lainnya. Kami menyimpulkan ada beberapa tingkatan terkait "Tanggapan" ini. Pertama disebut dengan "Basic Response" yang berarti adalah tanggapan dasar. Maksudnya disini ketika seseorang menyampaikan sesuatu kepada orang lain, maka orang tersebut hanya sekedar menanggapi saja apa yang disampaikan, jawabannya pasti kalau tidak "Iya" atau "Tidak". Pernahkah kita bertemu dengan orang yang ketika ditanya A, maka ia akan jawab pertanyaan A saja. Atau ketika kita menghubungi dosen lewat SMS, dosen tersebut hanya membalas "Ya" atau isi pesan yang singkat saja.
            Ada yang lebih keren lagi, Ketika kita menyampaikan sesuatu di group media sosial, sebut saja itu WhatsApp, Line dan lainnya. Apakah itu group keluarga, sekolah, organisasi, kantor dan kampus, akan kita temui orang-orang yang hanya membaca pesan kita tetapi tidak menanggapi apa yang kita sampaikan atau yang disebut dengan silent reader, padahal itu sangat penting sekali untuk ditanggapi. Karena ketika hal itu tidak ditanggapi, maka akan muncul prasangka-prasangka yang tidak baik yang menyebabkan konflik.
Kemudian, yang kedua adalah "Expected Response" yang berarti adalah tanggapan yang diharapkan. Maksudnya disini ketika seseorang menyampaikan sesuatu kepada orang lain, maka orang tersebut sudah menanggapi dengan baik tetapi belum antusias terhadap apa yang disampaikan kepadanya. Pernahkan kita mendengar "Iya, baiklah saya akan datang jam 14.00 WIB" ketika kita memintanya untuk hadir dan itulah tanggapan yang diharapkan.
Ketiga, adalah "Wow Response" yang berarti adalah tanggapan yang antusias. Maksudnya disini ketika seseorang menyampaikan sesuatu kepada orang lain, maka orang tersebut akan menanggapi dengan sangat antusias sekali terhadap apa yang disampaikan bahkan ia juga menanggapi lebih atau memberikan saran terhadap apa yang disampaikan. Pernahkah kita mendengarkan "Baik, bagus itu rencananya, jadi kapan kita akan berkumpul dan mendiskusikannya, kalau besok bagaimana?". Maka inilah tingkatan tanggapan yang sebaiknya ada saat kita berkomunikasi.
Ada juga yang disebut dengan "Criminal Response" yang berarti tanggapan yang negatif, hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, bisa jadi adalah faktor psikologi, kondisi ia saat itu atau memang itu merupakan karakter dasarnya. Maksudnya disisni ketika seseorang menyampaikan sesuatu kepada orang lain, maka orang tersebut akan menanggapi dengan cara yang tidak baik atau marah-marah. Pernahkah kita mendengarkan "Apa acaranya ini, tidak, saya tidak akan menyumbang untuk proposal acara ini" atau "Pergi, saya sedang sibuk" dan lainnya. Ini merupakan salah satu contoh dari tanggapan yang negatif tersebut.
            Hal ini akan terus kita alami, bahkan sudah berkali-kali kita alami. Kita akan menjadi aktor diantara orang-orang yang sudah kita bahas tadi, atau bahkan kita sudah menjadi aktor tersebut. Tinggal pilih mana, Basic Response, Expected Response, Wow Response, Atau Criminal Response. Pilihan kita saat berkomunikasi atau menanggapi sesuatu akan sangat berpengaruh untuk roda kehidupan kita selanjutnya. Bisa jadi ketika kita menjatuhkan pilihan terhadap Wow Response terhadap informasi yang kita dapat, Maka kita akan terus menjaga hubungan baik dengan relasi kita, Basic Response yang akan membuat relasi berprasangka yang tidak baik, atau Criminal Response yang akan membuat konflik secara tidak langsung. Mendapat relasi sangat mudah, tetapi mempertahankan relasi itu jauh lebih sulit, karena semua itu intinya ada pada komunikasi.

0 comments :

Post a Comment